Widget HTML Atas

SEJARAH SINGKAT SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO), Bisa jadi lebih Tua Dari Anda?

Sejarah Singkat Search Engine Optimization (SEO) - SEO yang merupakan singkatan dari Searh Engine Optimization saat ini banyak berseliweran di pencarian search engine google, termasuk juga pencarian di search engine lainnya. Namun kita mungkin sudah tahu bahwa SEO sebenarnya paling popular di mesin pencari yang didirikan oleh duo Larry Page dan Sergey Brin ini.

Meskipun bisa dikatakan bahwa SEO dan semua hal tentang search engine marketing (SEO dan SEM) dimulai dengan peluncuran situs pertama yang diterbitkan pada tahun 1991, atau mungkin ketika pertama kali mesin pencari web diluncurkan, kisah Search Engine Optimization (SEO) "resmi" dimulai beberapa tahun setelahnya, yaitu sekitar tahun 1997.

History of SEO (Search Engine Optimization)

Menurut Bob Heyman, penulis "digital Engagement," 
kita bisa berterima kasih secara khusus kepada manajer band rock Jefferson Starship untuk membantu melahirkan bidang baru yang kita akan kembangkan untuk kemudian dikenal sebagai "Search Engine Optimization " (optimasi mesin pencari).

Diawali dengan rasa kecewa bahwa situs resmi Jefferson Starship berada pada peringkat halaman 4 dari beberapa mesin pencari yang ada pada saat itu, padahal menurutnya band rock tersebut harusnya berada di posisi 1 di Page 1.

Memang, kita mungkin tidak pernah tahu apakah kisah ini merupakan revisionis sejarah atau memang 100 persen fakta, Semua tanda jelas menunjuk ke istilah SEO yang berasal sekitar tahun 1997.

Cobalah untuk melakukan sedikit perburuan dengan mencari informasi yang relevan, maka anda akan melihat John Audette dari multimedia Marketing Group menggunakan istilah ini pada tanggal 15 Februari 1997 (di kutip dari searchenginejournal.com)

Berada di peringkat tinggi di Search Engine pada tahun 1997 merupakan konsep yang cukup baru. Itu juga sangat dipicu berdasarkan pada direktori. Sebelum DMOZ memicu klasifikasi Google asli, LookSmart didukung oleh Zeal, Go.com adalah bagian direktori tersendiri, dan Yahoo Directory adalah pemain utama di mesin pencari Yahoo Search yang saat itu sudah sangat terkenal.

Jika Anda tidak terbiasa dengan DMOZ, Mozilla Open Directory Project (ingat, Mozilla adalah sebuah perusahaan dan Moz adalah merek terkenal sebelum SEOMoz), pada dasarnya adalah Yellow Pages untuk website. Yang awalnya merupakan apa yang didasarkan pada Yahoo, kemampuan untuk menemukan website terbaik di luar sana seperti yang disetujui oleh editor.

Pada akhirnya ia mulai melakukan SEO di 1998, sebagai kebutuhan untuk klien mereka yang telah membangun situs keren tapi memiliki lalu lintas / traffic yang sedikit. Sedikit yang ia tahu, apa yang ia lakukan itu ia yakin pada masa mendatang akan menjadi gaya hidup.

Kemudian lagi, World Wide Web masih merupakan konsep yang cukup baru pada waktu itu untuk kebanyakan orang.

seo yahoo search engine old
sumber : searchenginejournal.com


Bagaimana dengan hari ini? Semua orang ingin mendapatkan rule di hasil halaman mesin pencari (Search Engine Result Pages - SERPs)

Search Engine Optimization vs. Search Engine Marketing

Sebelum Search Engine Optimization menjadi nama resmi, istilah lain yang digunakan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Searach Engine Placement (Mesin pencari penempatan)
  • Search Engine Positioning (Mesin pencari Positioning)
  • Search Engine Ranking (Peringkat mesin pencari)
  • Search Engine Registration (Mesin Pencari Pendaftaran)
  • Search Engine Submission (Mesin pencari pengiriman)
  • Website Promotion (Promosi situs web)

Tapi tanpa ada diskusi yang panjang dan tanpa menyebutkan istilah lain muncul istilah : Search Engine Marketing.

Pada satu titik di 2001, salah satu penulis industri terkemuka menyarankan pemasaran mesin pencari (Search Engine Marketing) sebagai penerus optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization).

Dan ternyata hal tersebut jelas-jelas tidak terjadi.

Siapkan diri Anda sekarang: Anda akan melihat banyak klaim palsu (misalnya, "SEO sudah mati" "SEO baru") dan upaya rebranding SEO ("Search Experience Optimization misalnya").

seo engine - search engine optimization
sumber : flickr.com


Apakah anda berfikir sama seperti saya jika SEO itu sebenarnya merupakan istilah tidak sempurna setelah semua hal yang kita sebutkan di atas, kita tidak sedang mengoptimalkan mesin pencari, kita hanya mengoptimalkan kehadiran web kita agar dikenal dunia, namun istilah tersebut tetap menjadi istilah yang disukai industri selama lebih dari 22 tahun sampai sekarang dan mungkin juga di masa depan.

Apakah umur anda sekarang lebih dari 22 tahun ? Mungkin saja saat ini umur anda bahkan lebih muda dari umur SEO (Search Engine Optimization) itu sendiri.

Adapun Search Engine Marketing, saat ini masih digunakan tetapi sekarang lebih terkait dengan pencarian berbayar. Dua istilah yang hidup berdampingan dengan damai hingga hari ini. Jadi mana yang anda pilih, pilih nomor satu atau pilih nomor dua atau anda pilih keduanya ? 

Sebuah Timeline dari Sejarah SEO dan Mesin Pencari Google dan Lainnya

Mesin pencari telah mengubah cara kita menemukan informasi, melakukan penelitian, berbelanja produk dan jasa, menghibur diri kita sendiri, dan berhubungan dengan orang lain.

Di balik hampir setiap tujuan online, entah itu situs web, blog, jejaring sosial, atau aplikasi merupakan mesin pencari. Mesin pencari telah menjadi kekuatan penghubung dan panduan directional untuk kehidupan kita sehari-hari.

Tapi bagaimana semua ini dimulai?

Baiklah, kita coba untuk menarik garis waktu / timeline yang terkenal dengan tonggak dari sejarah mensin pencari dan sejarah search engine optimization / seo (optimasi mesin pencari) untuk memahami akar dari teknologi ini yang sudah menjadi seperti bagian penting dari dunia kita.

Fajar kemunculan SEO: Era "The Wild West"

Dalam dekade terakhir tahun 1900-an, lanskap mesin pencari sangat kompetitif. Anda memiliki pilihan Anda dari mesin pencari, baik direktori yang bertenaga manusia dan crawler berbasis listing termasuk orang seperti AltaVista, Ask Jeeves, Excite, Infoseek, Lycos, dan Yahoo.

seo engine mesin pencari google
sumber : flickr.com


Pada awalnya, satu-satunya cara untuk melakukan segala jenis SEO, adalah melalui halaman kegiatan. Ini termasuk memastikan konten yang baik dan relevan, ada cukup teks, tag HTML Anda akurat, dan bahwa Anda memiliki link internal dan eksternal, dan juga faktor lainnya.

Jika Anda ingin peringkat yang baik di era “the wild west” ini, caranya anda hanya cukup mengulangi kata kunci Anda yang banyak, cukup anda kalikan di seluruh halaman web dan meta tag. Ingin mengungguli halaman yang menggunakan kata kunci 100 kali? Maka Anda dapat menggunakan kata kunci 200 kali! Hari ini, kita sebut praktek ini sebagai spamming.

Berikut adalah beberapa highlights:

  1. 1994: Yahoo diciptakan oleh mahasiswa Stanford University Jerry Wang dan David Filo di sebuah trailer kampus. Yahoo awalnya adalah daftar bookmark internet dan direktori situs menarik. Webmaster harus secara manual menyerahkan halaman mereka ke direktori Yahoo untuk mengindeks sehingga akan berada di sana untuk Yahoo supaya  bisa menemukan ketika seseorang melakukan pencarian. AltaVista, Excite, dan Lycos juga diluncurkan ketika itu.
  2. 1996: Page dan Brin, dua mahasiswa Universitas Stanford, membangun dan melakukan pengujian mesin pencari yang bernama BackRub, mesin pencari baru yang memiliki peringkat situs berdasarkan relevansi inbound link dan popularitas. BackRub pada akhirnya akan menjadi Google. HotBot, didukung oleh Inktomi, juga diluncurkan.
  3. 1997: menyusul pada keberhasilan sebuah panduan webmaster untuk Search Engine, Danny Sullivan meluncurkan Search Engine Watch, sebuah situs yang didedikasikan untuk menyediakan berita tentang industri pencarian, Tips untuk mencari web, dan informasi tentang bagaimana peringkat situs web yang lebih baik. (Sepuluh tahun kemudian, setelah meninggalkan SEW, Sullivan mendirikan publikasi pencarian populer lain yang bernama Search Engine Land.) Ask Jeeves juga muncul dan Google.com ketika itu telah teregistrasi.
  4. 1998: Goto.com diluncurkan dengan link sponsor dan pencarian berbayar. Pengiklan menawar pada Goto.com untuk peringkat di atas hasil pencarian organik, yang didukung oleh Inktomi. Goto.com pada akhirnya diakuisisi oleh Yahoo. DMOZ (Open Directory Project) menjadi tempat yang paling dicari bagi praktisi SEO untuk mendapatkan halaman mereka terdaftar. MSN masuk ke dalam pencarian dengan MSN Search, awalnya powered by Inktomi.
  5. 1999: Pertama kalinya terjadi konferensi semua pemasaran pencarian, Search Engine strategi (SES), terjadi. Anda dapat membaca retrospektif pada acara oleh Sullivan di search engine land. (Seri konferensi SES terus berjalan di bawah berbagai moniker dan perusahaan induk hingga berakhir di 2016.)

Revolusi Google

Pada 2000, Yahoo terjerembab pada langkah strategis terburuk dalam sejarah pencarian dan bermitra dengan Google dan membiarkan kekuatan Google hasil pada hasil pencarian organik mereka bukan Inktomi. Sebelumnya masih sangat sedikit yang mengetahui google adalah mesin pencari. Bahan hampir tidak diketahui ada mesin pencari google! 

seo engine google dan seo engine yahoo
sumber : blogger

Hasil akhirnya: setiap hasil pencarian di Yahoo terdapat kata "powered by Google" dan mereka akhirnya memperkenalkan pesaing terbesar mereka ke dunia sehingga akhirnya Google menjadi nama yang dikenal rumah tangga.

Sejarah seo sampai titik ini, mesin pencari terutama peringkat situs didasarkan pada halaman konten, nama domain, kemampuan agar bisa terdaftar dalam direktori tersebut, dan struktur situs dasar (breadcrumbing). Tapi kemudian Google crawler web dan algoritma PageRank yang revolusioner untuk pencarian informasi. Google memandang baik faktor kuantitas on page dan off page dan kualitas link eksternal yang menunjuk ke sebuah situs web (serta anchor text yang digunakan).

Jika Anda berpikir tentang hal ini, algoritma Google pada dasarnya tentang "jika orang yang berbicara tentang Anda, maka Anda harusnya menjadi penting."

Meskipun link hanya satu komponen dari keseluruhan algoritma peringkat Google, praktisi SEO beranggapan bahwa link sebagai faktor yang paling penting dan juga seluruh sub, yang berdampak pada industri penciptaan link building. 

Selama dekade berikutnya, hal tersebut menjadi perlombaan untuk memperoleh sebanyak mungkin link dengan harapan peringkat yang lebih tinggi dan link menjadi sebuah taktik yang bisa sangat disalahgunakan dengan anggapan bahwa Google akan mengalamatkan link tersebut di tahun-tahun mendatang.

Pada tahun 2000 itu juga, Google Toolbar menjadi tersedia di Internet Explorer, memungkinkan praktisi SEO dapat melihat Skor PageRank mereka (angka antara 0-10). Ini merupakan era dimana email permintaan pertukaran link yang tidak diinginkan.

Jadi dengan PageRank, Google pada dasarnya memperkenalkan untuk menghubugkan ukuran mata uang. Sama seperti otoritas domain yang banyak disalahgunakan hari ini.

Hasil organik Google juga memiliki beberapa perusahaan dalam bentuk iklan AdWords yang dimulai pada 2000. Iklan penelusuran berbayar ini mulai muncul pada tahun tersebut dan biasanya diletakkan di atas, di bawah, dan di sebelah kanan hasil Google.

Sementara itu, sekelompok webmaster informal bersama-sama berkumpul di sebuah pub di London untuk mulai berbagi informasi tentang segala sesuatu mengenai SEO di tahun 2000. Pertemuan informal ini akhirnya berubah menjadi PubCon, sebuah seri konferensi pencarian besar yang masih berjalan hingga hari ini.

Selama beberapa bulan dan tahun mendatang, dunia SEO terbiasa dengan Google Dance bulanan, atau periode waktu di mana Google memperbarui indeksnya, terkadang menghasilkan fluktuasi peringkat utama di halaman pencarian google.

Meskipun Brin nya Google pernah terkenal mengatakan Google tidak percaya pada web spam, pendapatnya mungkin telah berubah pada saat 2003 google digulung oleh spam. SEO mendapat banyak update algorithma yang lebih sulit seperti algorithma Florida misalnya karena menjadi jauh lebih penting daripada hanya mengulangi kata kunci x jumlah artikel.

Google AdSense: Monetisasi Mengerikan SEO Content

Pada 2003, setelah mengakuisisi Blogger.com, Google meluncurkan AdSense, yang menyajikan iklan Google AdWords bertarget kontekstual di situs penayang. Campuran AdSense dan Blogger.com mengarah pada lonjakan dalam menghasilkan uang dan menjadi revolusi dalam penerbitan Internet dan blogging sederhana.

seo search engine optimization blogger
sumber : blogger.com

Meskipun Google mungkin tidak menyadarinya pada saat itu, mereka menciptakan masalah mereka sehingga harus memperbaiki jalan. Adsense menimbulkan taktik spam dan membuat situs AdSense diisi dengan konten yang sedikit atau bahkan pencurian konten yang ada semata-mata untuk peringkat yang baik, mendapatkan klik, dan menghasilkan uang.


SEO Lokal & Personalisasi

Sekitar 2004, mesin pencari Google dan mesin pencari teratas lainnya mulai meningkatkan hasil untuk query yang didasarkan pada pencarian secara geografis (misalnya, Restoran, tukang ledeng, atau beberapa jenis lain dari bisnis atau penyedia layanan di kota atau kota Anda). Dan pada tahun 2006, Google meluncurkan google Maps, google  Plus, Box, yang ketika itu sangat mengesankan.

Pada sekitar tahun 2004 diketahui bahwa mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya mulai membuat penggunaan data pengguna akhir lebih besar, seperti sejarah pencarian dan minat, untuk personalisasi hasil pencarian. Ini berarti bahwa hasil yang Anda lihat bisa berbeda dari apa yang orang lain lihat yang duduk di sebelah Anda di sebuah kedai kopi ketika mencari query yang sama.

Juga di 2005, nofollow Tag diciptakan sebagai sarana untuk memerangi spam. SEO Pro mulai menggunakan tag ini sebagai cara mematok PageRank.


Google juga merelease beberapa update yang patut dicatat:

Jagger, yang membantu untuk mengurangi tingkat pertukaran link yang tidak diinginkan yang berada di sekitar, serta mengelola penurunan pentingnya anchor teks sebagai faktor SEO.

Big Daddy (diciptakan oleh Jeff Manson dari RealGeeks), yang meningkatkan arsitektur Google untuk memungkinkan peningkatan pemahaman tentang nilai dan hubungan link antara situs.

YouTube, Google Analytics & Alat Webmaster
Pada Oktober 2006, Google mengakuisisi jaringan berbagi video YouTube dengan nilai $1.650.000.000, yang pada akhirnya menjadi properti pencarian kedua yang paling banyak digunakan di dunia.

seo search engine optimization youtube
sumber : youtube.com

Hari ini, YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Karena popularitasnya yang melambung, SEO video menjadi sangat penting bagi merek, Bisnis, dan individu yang ingin ditemukan.


Google juga meluncurkan dua produk yang sangat penting pada tahun 2006:


  • Google Analytics. Ini merupakan tool gratis, tool berbasis web yang begitu populer pada peluncuran webmaster yang sempat mengalami downtime dan peringatan pemeliharaan.
  • Google Webmaster Tools. Kini dikenal sebagai Search Console, Google Webmaster Tools mengizinkan webmaster untuk melihat kesalahan perayapan, melihat penelusuran apa saja yang muncul di situs web, dan meminta penyertaan ulang.

google webmaster tools untuk mesin pencari google
sumber : flickr.com


Juga dalam tahun 2006 Sitemap XML memperoleh dukungan universal dari mesin pencari. Sitemap XML memungkinkan webmaster untuk menampilkan ke mesin pencari, setiap URL di situs web mereka yang memungkinkan untuk dirayapi. Sitemap XML tidak hanya berisi daftar URL tetapi juga berbagai informasi lebih lanjut, yang membantu mesin telusur merayapi secara lebih cerdas.

Pencarian Universal

Kita benar-benar mulai melihat pencarian mulai berkembang dalam cara-cara baru dan menarik yang dimulai pada tahun 2007. Semua pembaruan ini ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Mari kita mulai dengan Google Universal Search. Sampai titik ini, hasil pencarian telah terdiri dari 10 link biru.

Lalu Google mulai memadukan hasil penelusuran organik tradisional dengan jenis hasil vertikal lainnya seperti berita, video, dan gambar. Ini menjadi lebih mudah dan merupakan perubahan terbesar untuk pencarian Google dan Search Engine Optimization (SEO) sejak update algorithma Florida.

Membersihkan Cesspool (Kolam Kotor)

Pada tahun 2008, kemudian CEO Google Eric Schmidt mengatakan internet sedang menjadi kolam dan bahwa merek adalah solusi. "Merek adalah bagaimana Anda memilah dalam kolam kotor," katanya.

Kurang dari enam bulan setelah komentar, bersamaan dengan datangnya update Google bernama Vince. Merek besar mendadak tampak memiliki peringkat jauh lebih baik di SERPs.

Tapi itu tidak benar-benar dimaksudkan untuk menghargai merek, menurut Google. Google ingin menaruh bobot yang lebih besar pada kepercayaan pada algorithma (dan merek besar cenderung memiliki lebih banyak kepercayaan daripada merek yang lebih kecil dan kurang mapan).

Tidak lama setelah pembaruan ini, Google merilis algorithma yang lain untuk meningkatkan kecepatan pengindeksan mereka, yang disebut kafein. Algorithma kafein merupakan "arsitektur pencarian generasi berikutnya untuk Google yang seharusnya lebih cepat dan lebih akurat, memberikan hasil yang lebih baik, lebih relevan, dan merayapi bagian web yang lebih besar."

Berbicara tentang kecepatan, di 2010 Google mengumumkan bahwa kecepatan situs adalah faktor penentu peringkat.

Bing dan Aliansi Pencarian

Pada 2009, Microsoft Live Search berubah nama menjadi Bing. Kemudian, dalam upaya untuk menantang Google dengan hampir 70 persen cengkeraman dari pasar pencarian Amerika Serikat, Yahoo dan Microsoft bergabung untuk bermitra dengan 10 tahun kesepakatan pencarian (meskipun akhirnya dikaji ulang setelah lima tahun kemudian).

The Search Alliance melihat kekuatan organic Bing Microsoft Yahoo dan hasil pencarian berbayar. Sementara itu membuat mesin pencari Bing menjadi mesin pencari nomor 2, mereka akhirnya telah gagal untuk mengalahkan Google sebagai pegangan besar pada pencarian di Amerika Serikat dan global.

Munculnya Media sosial

Fenomena lain muncul di akhir tahun 2000-an yaitu fenomena kemunculan jaringan social atau lebih kita kenal dengan bahasa milenial yaitu media sosial.

Google membuat taruhan besar di YouTube (meskipun akan mencoba lagi dengan Google +). Tapi jaringan lain seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn semua muncul sebagai pemain utama (dengan banyak lagi yang akan datang dan pergi dalam tahun berikutnya, hingga akhirnya google memutuskan mengakhiri Google+ di tahun 2019).

google plus tool project untuk mesin pencari google
sumber : flikr.com

Seiring dengan munculnya media sosial datang spekulasi bahwa sinyal sosial dapat berdampak pada peringkat pencarian. Ya, media sosial dapat membantu SEO, tapi secara tidak langsung, sama seperti bentuk lain dari pemasaran dapat membantu mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan kesadaran merek dan afinitas (yang menghasilkan permintaan pencarian).

Sementara dampak dari saham sosial (like, tweets, + 1 ' s, dll) telah ditolak waktu dan lagi oleh Google selama bertahun-tahun sebagai faktor peringkat, itu terus terdaftar seperti memiliki korelasi yang kuat dalam berbagai studi faktor peringkat. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang topik ini, saya sangat menyarankan anda membaca tentang bagaimana media sosial membantu SEO.

Kebun Binatang Google: Panda & Penguin

Dua update algorithma utama (algorithma google panda dan algorithma google penguin), di 2011 dan 2012, memiliki dampak besar pada SEO yang masih dirasakan hari ini sebagai Google sekali lagi berusaha untuk membersihkan hasil pencarian dan penghargaan situs berkualitas tinggi.

algorithma google panda dan google penguin pada seo engine google
sumber : semrush.com

Pada 2011, Google menemukan hasil pencarian yang menghadapi pengawasan parah karena apa yang disebut "peternakan konten" (website yang menghasilkan volume tinggi konten berkualitas rendah) mendominasi hasil pencarian. SERPs Google juga berantakan dengan situs web yang menampilkan konten yang tidak asli dan dibuat otomatis dan bahkan, dalam beberapa kasus, situs scraper yang mengungguli konten originator.

Para blogger Indo pasti pernah dengan istilah AGC (Auto Generate Content) yang menjadi idola para blogger di masanya untuk meraup pundi pundi dolar.

Akibatnya, situs ini mendapatkan ribuan dolar pendapatan dari iklan. Saat ini situs-situs seperti ini juga hidup dan sekarat oleh lalu lintas organik dari Google.

Tapi setelah Google Panda update digulirkan di 2011, banyak situs yang melihat banyak, jika tidak semua, dari lalu lintas yang lenyap dalam semalam. Google memberikan beberapa wawasan tentang apa yang dianggap sebagai situs berkualitas tinggi.

Ditujukan untuk menghilangkan konten berkualitas rendah (atau jelek), Panda diperbarui secara berkala selama bertahun-tahun mendatang, akhirnya diintegrasikan ke dalam algoritma inti Google di tahun 2016.

Dengan situs web yang baru saja pulih dari efek Panda, Google melepaskan optimasi algorithma sebagai langkah antisipasi lebih, dimaksudkan untuk menghilangkan "taktik agresif spam" dari hasil panda.
Pada akhirnya dijuluki dengan nama penguin, algoritma ini menargetkan link skema (website dengan pola hubungan yang tidak biasa, termasuk jumlah yang tinggi pada pencocokan tepat di anchor teks yang cocok dengan kata kunci yang anda inginkan untuk menaikkan peringkat) dan kata kunci isian.

Penguin tidak diperbarui sebagaimana sesering Panda, dengan lebih dari satu tahun lewat antara beberapa update. Dan, seperti Panda, Penguin menjadi bagian dari algoritma real-time Google di 2016.

Sesuatu, bukan Hanya Strings

Pada bulan Mei 2012, Google meluncurkan grafik pengetahuan. Ini adalah pergeseran besar menjauh dari menafsirkan kata kunci string untuk memahami semantik dan niat.

Berikut adalah bagaimana SVP, rekayasa Google's Amit Singhal, menjelaskan pada saat peluncuran:
"Grafik pengetahuan memungkinkan Anda untuk mencari sesuatu, orang atau tempat yang diketahui Google seperti Landmark, selebriti, kota, tim olahraga, bangunan, fitur geografis, film, benda langit, karya seni dan banyak lagi dan langsung mendapatkan informasi yang relevan dengan query Anda. Ini adalah langkah pertama yang penting menuju pembangunan generasi berikutnya dalam pencarian, menuju ke kecerdasan kolektif dari web dan memahami dunia sedikit lebih seperti yang orang lakukan. "

Google menyempurnakan hasil penelusuran dengan informasi ini. Panel pengetahuan, kotak, dan Carousel dapat muncul setiap kali orang melakukan pencarian untuk salah satu dari miliaran entitas dan fakta dalam grafik pengetahuan google.

Langkah berikutnya, dalam Google generasi berikutnya pencarian terjadi pada September 2013 dalam bentuk Hummingbird, sebuah algoritma baru yang dirancang untuk lebih baik ketika memahami bahasa alami query dan percakapan pencarian. Dengan munculnya ponsel (dan pencarian suara), Google diperlukan untuk sepenuhnya membangun kembali bagaimana algoritma bekerja untuk memenuhi kebutuhan pencarian modern.

algorithma search engine optimization seo google hummingbird
sumber : medium.com

Hummingbird dianggap sebagai perubahan terbesar untuk algoritma inti Google sejak 2001. Jelas, Google ingin memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih relevan, terutama untuk para pengguna ponsel.

Mobile First

Mulai di suatu tempat di sekitar 2005 atau lebih, satu pertanyaan terus ditanyakan dalam industri kita. Apakah ini "tahunnya Mobile"?

Yah, ternyata bahwa itu tidak terjadi di tahun 2005. Atau 2006. Ataupun itu di tahun 2007. Atau 2008. Atau 2009. Bahkan 2010 ketika Google mengubah dirinya menjadi sebuah perusahaan mobile pertama.

Kemudian 2011, 2012, 2013, dan 2014 datang dan pergi. Handphone itu dibicarakan dan banyak jenisnya karena itu tumbuh seperti tak terhentikan sepanjang waktu ini. Karena lebih banyak pengguna mengadopsi smartphone, mereka semakin mencari bisnis dan segala sesuatu bahkan saat sedang bepergian.

Akhirnya, pada 2015, kita memasuki tahun mobile. Titik di mana pencarian mobile menyikut pencarian desktop untuk pertama kalinya di Google. Dan sementara ini benar dalam hal nomor pencarian secara mentah, itu juga benar bahwa maksud pencarian sangat berbeda dan tingkat konversi tetap jauh lebih rendah pada perangkat mobile.

Ini juga merupakan tahun yang dilaporkan comScore Mobile hanya pengguna internet yang melampaui pengguna desktop.

Pada tahun 2015 ini juga diketahui bahwa Google meluncurkan banyak update algorithma sebagai antisipasi ramah mobile, yang dirancang untuk memberikan pengguna "hasil yang paling relevan dan tepat waktu, apakah informasi pada halaman web mobile yang ramah atau di aplikasi mobile."

Dalam upaya untuk mempercepat halaman, Google juga memperkenalkan metode Accelerated Mobile Pages (AMP) di tahun 2016. AMP dirancang untuk langsung memuat konten dan sebagian besar telah diadopsi oleh media berita dan penerbit.

Dan ada banyak lagi ponsel yang akan datang. Berikutnya: indeks Mobile-First mulai diterapkan pada akhir tahun 2018.

Machine Learning (ML),Artificial Intelligence (AI) Dan Intelligence Search (IS)

Sebelumnya, saya menyebutkan bahwa Google, awalnya dibangun untuk tujuan seputar pencarian informasi, menjadi perusahaan mobile pertama. Nah, yang berubah pada 2017 karena CEO Google Sundar Pichai menyatakan Google sebuah perusahaan artificial intelligence (AI) pertama.

Hari ini, pencarian Google dirancang untuk menginformasikan dan membantu, daripada memberikan pengguna daftar link. Itulah sebabnya Google telah membangun AI ke dalam semua produknya — termasuk penelusuran, Gmail, AdWords, Asisten Google, dan lainnya.

Dalam hal pencarian, kita sudah mulai melihat dampak AI dengan Google RankBrain. Diumumkan pada bulan Oktober 2015, RankBrain awalnya digunakan untuk menafsirkan 15 persen dari pencarian yang belum pernah dilihat oleh Google, berdasarkan kata atau frasa yang dimasukkan pengguna.

Sejak saat itu, Google telah memperluas RankBrain untuk dijalankan pada setiap pencarian. Sementara RankBrain berdampak pada peringkat (SEO rangking), itu bukan faktor peringkat dalam arti tradisional, di mana Anda mendapatkan imbalan dengan peringkat yang lebih baik untuk melakukan x, y, dan z.

Dan ada banyak lagi segera hadir di dunia Intelligence Search/IS (pencarian cerdas).

Pencarian suara meningkat. Pencarian visual telah mendapatkan tempat yang gila-gilaan. Dan pengguna (dan merek) semakin mengadopsi chatbots dan menggunakan asisten pribadi (misalnya, Apple siri, Amazon's Alexa, dan Microsoft Cortana).

Tentunya ini akan menjadi waktu yang menyenangkan ke depan untuk SEO dan para praktisi SEO.

Kesimpulan dari Sejarah SEO

Mesin pencari dan SEO telah datang jauh sejak tahun 1990-an. Dan kita hanya mampu menyentuh pada beberapa cara dari yang sudah di paparkan dalam artikel ini.

Sejarah SEO telah penuh dengan pergantian yang menarik dari kelahiran mesin pencari baru, kematian mesin pencari tua, fitur SERP baru, algoritma baru, dan update konstan, ditambah munculnya publikasi SEO besar, konferensi, peralatan, dan ahli bidang SEO.

Sementara mesin pencari dan SEO telah benar-benar berevolusi selama bertahun-tahun, satu hal yang akan tetap menjadi kebenaran: “selama ada mesin pencari, SEO akan tetap penting”. Dan kita baru saja memulainya!

Apakah anda siap memasuki era seo engine yang semakin cerdas ?




Refference :
#sejarahseo
#seometatag
#seorangking
#seoengine
#seochecker
#seoadalah
#seoblogger
#mesinpencari
#mesinpencaraigoogle
#seosingkatandari
#seodansem
searchenginejournal.com

1 komentar untuk "SEJARAH SINGKAT SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO), Bisa jadi lebih Tua Dari Anda?"

Anonim mengatakan…
Penjelasannya sangat lengkap gan, cocok jadi bahan mata kuliah nih..