Widget HTML Atas

Belajar On Page SEO Pemula, Letakkan Keyword Utama di Judul Artikel

Serial belajar on page seo untuk pemula. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bareng untuk mengetahui bagaimana meletakkan kata kunci atau keyword utama di judul artikel.

Banyak mastah yang berujar bahwa peletakan keyword di judul artikel bisa mempengaruhi peringkat artikel anda di mesin pencari seperti google, bing, dan mesin pencari lainnya.

serial belajar seo on page untuk pemula judul artikel



Apa sih on page seo itu? Wah, wong seo aja saya gak ngerti apalagi on page seo. Mungkin bagi new bie seperti saya pastinya akan mengatakan seperti itu.

Setelah baca baca dari mbah google, ternyata SEO itu kependekan dari bahasa inggris yang bunyinya Search Engine Optimization

Waduh istilah apa lagi itu? Akhirnya saya coba untuk mencari tahu mengenai seo di artikel-artikel yang membahas search engine optimization yang akhirnya sedikit mencerahkan pikiran saya.

Anda penasaran juga mau tau tentang seo, coba untuk baca artikel tentang search engine optimization, yang ternyata dari sejarah seo, umur seo kemungkinan besar jauh lebih tua dari umur anda. Ya umur anda, itupun bagi anda yang sudah berumur.

Lalu on page seo itu apa ? Nah, ini yang lagi saya cari cari dulu. Saya coba korek-korek dulu di mesin pencari punya nya simbah google. Jika sudah saya temukan, akan saya update di sini dengan bahasa yang saya mengerti untuk belajar on page seo, agar anda bisa tahu juga, sehingga kita bisa belajar on page seo bersama sama.

Ok, kita lanjut saja dulu untuk serial belajar on page seo bagi pemula, dimana kali ini kita akan belajar salah satu elemen on page seo yaitu meletakkan keyword utama / kata kunci utama di judul artikel.

Terus, google itu sukanya kata kunci utama itu diletakkan di bagian mana nya dari judul artikel sih ? Ada yang bilang di awal, ada juga yang bilang di tengah ataupun ada juga yang berpendapat tidak apa-apa diletakkan di akhir judul artikel.

Apakah Kata Kunci di Judul Artikel Penting ?

Kata kunci pada setiap bagian artikel memang penting. Tetapi belum tentu juga karena alasan SEO maka orang berpikir demikian.
Melakukan penelitian kata kunci adalah sesuatu hal yang ajaib. Karena untuk mendapatkan kata kunci bisa dilakukan dengan tool gratis dari google, dan anda bisa langsung mengetahui apa sebenarnya yang banyak di cari oleh audiens target anda.
Sebelum adanya mesin pencari seperti bing atau google, anda mungkin tidak pernah tahu cara untuk mengetahui kata-kata persis yang akan digunakan sekelompok besar orang ketika memikirkan topik tertentu. 

Tentu saja, Anda bisa bertanya pada sekelompok kecil orang, tetapi siapa pun yang pernah melakukan diskusi kelompok akan memberi tahu Anda bahwa apa yang dikatakan orang di depan orang lain tidak sama dengan apa yang akan mereka lakukan. Kebanyakan orang, lain yang dibicarakan lain pula yang dilakukan

Apakah anda juga demikian ?

Jadi, apabila anda menulis berbagai jenis judul, baik itu melalui media online maupun media offline, maka anda harus melakukan penelitian kata kunci untuk mesin pencari.

Setiap judul utama harus berbicara dalam bahasa audiens, selain itu dibungkus dalam struktur yang teruji waktu yang menarik perhatian dan menawarkan nilai tersendiri di sisi pembacanya.

Tapi dengan melakukan penelitian kata kunci itu akan membuat artikel anda menjadi lebih baik.

Para mastah SEO yang memang expertise di bidang Search Engine Optimization, akan memberi tahu anda bahwa anda kemungkinan tidak perlu untuk mencari kata kunci yang paling populer.

Anda bisa menargetkan mikro niche. Bisa jadi niche ini menghasilkan lebih sedikit traffic web / blog secara individual, jika hanya mengandalkan satu artikel saja.

Tapi ingat! Blog anda tidak hanya berisi satu buah artikel saja. Anda bisa mengisi blog kesayangan anda dengan ribuan artikel sehingga ini akhirnya akan menghasilkan traffic yang besar juga, karena bisa jadi mikro niche ini juga memiliki kompetisi yang rendah.
 
Dengan cara seperti ini cocok untuk menulis berita utama yang enak dibaca. Frasa niche lebih spesifik, dan spesifisitas ini akan membuat judul menjadi jauh lebih baik. Selanjutnya, dengan judul artikel yang lebih baik tentunya akan mengarah ke konten yang lebih.

Google dan mesin pencari lainnya benar-benar ingin mencerminkan apa yang penting bagi orang-orang. Itu sebabnya mereka menggunakan tautan dan anchor text sebagai salah satu penentu utama relevansi.

Kata kunci penting, karena ketika Anda berbicara dalam bahasa audiens, Anda menarik lebih banyak pembaca, lebih banyak tautan, lebih banyak retweet, lebih banyak penanda sosial, dan ya ... lalu lintas pencarian yang lebih relevan. Kedua kubu itu benar, karena berbagai alasan.

Bagaimana Cara anda meletakkan Keyword / Kata Kunci di Judul Artikel ?

Apakah dengan meletakkan kata kunci di awal judul artikel berpengaruh signifikan terhadap pencarian di mesin pencari seperti google ?

Untuk membuktikan nya, maka kita coba untuk menggunakan keyword / kata kunci pada kolom pencarian di mesin pencari google. Misalnya kata kunci yang kita gunakan adalah “jerawat batu”.


riset kata kunci di mesin pencari google



Anda bisa masukkan kata “jerawat batu” di kolom pencarian ketika anda mengakses google.com.


hasil kata kunci di dalam judul artikel seo google


Kita bisa lihat hasil pencarian dengan kata kunci “jerawat batu”. Ternyata peletakan kata kunci di bagian tertentu dari judul artikel tidaklah diperlukan.

Yang perlu anda lakukan hanya meletakkan kata kunci yang anda bidik di bagian manapun dari judul artikel yang anda buat.

Anda bisa meletakkan di bagian depan, tengah, ataupun belakang judul artikel. Selama keyword atau kata kunci yang anda bidik dicantumkan di judul artikel, maka anda sudah memenuhi salah satu point dalam pemeringkatan on page Search Engine Optimization (SEO).

Kesimpulan :

Dalam seri belajar onpage SEO untuk pemula kali ini, kita sudah bisa mengetahui bahwa penempatan kata kunci di dalam judul artikel bisa menentukan peringkat pencarian dalam mesin pencari.

Namun kita tidak perlu pusing untuk menentukan apakah harus diletakkan di awal judul, tengah atau akhir judul artikel. Asalkan kata kunci utama ada di dalam judul di bagian manapun dari judul artikel, hal itu sudah cukup untuk menentukan peringkat artikel anda di mesin pencari.

Sampai jumpa lagi pada seri belajar on page seo untuk pemula. Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan untuk membagikan nya.


Berlangganan via Email